Jago Lagu
Jago Lagu

Resep Kue Lontar Khas Papua pie Susu Paling Mudah dan Enak

Resep Kue Lontar Khas Papua pie Susu Paling Mudah dan Enak

Resep Kue Lontar Khas Papua pie Susu Paling Mudah dan Enak (Cookpad)

HarusTahu Food - Membuat Resep Kue Lontar Khas Papua pie Susu Paling Mudah dan Enak, dengan alat dan bahan rumahan. Coba ikuti langkah dan panduan untuk menghidangkan dengan waktu yang singkat dan hasil nikmat

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Resep Mudah dan Praktis membuat Kue Lontar Khas Papua pie Susu.

Kue Lontar Khas Papua pie Susu sangat cocok dinikmati saat bersantai bersama keluarga atau kerabat. Terkadang Kue Lontar Khas Papua pie Susu juga dapat disajikan pada acara tertentu, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan ya.

Resep Mudah Membuat Kue Lontar Khas Papua pie Susu Nikmat

Untuk membuat Kue Lontar Khas Papua pie Susu, sangat mudah karena cuma dengan 9 Bahan yang bisa anda beli di pasar / supermarket / minimarket terdekat. Cara membuat Kue Lontar Khas Papua pie Susu pun tidak sulit, dengan 11 Langkah mudah, bisa dipastikan anda langsung bisa membuat Kue Lontar Khas Papua pie Susu yang enak dan lezat.

Cukup siapkan bahan dan ikuti langkah-langkah yang sudah kami berikan, seluruh resep sudah teruji dengan baik.

Ringkasan Bahan Alat

  • Bahan untuk kulit :
  • 150 gr tepung pro rendah
  • 100 gr margarine
  • Bahan untuk custard :
  • 4 butir kuning telur
  • 3 butir telur utuh
  • 1 sdm vanili cair
  • 1 kaleng SKM (saya pakai frisian gold)
  • 1 kaleng air panas (takaran 1 keleng SKM)

Ringkasan Langkah

  • Cara buat kulit pie : Campurkan margarine, aduk sebentar, lalu masukkan tepung terigu, aduk sampai tercampur rata bisa menggunakan tangan yang bersih atau pun sendok. Jika adonan terlalu lunak, bisa tambahkan tepung sedikit.
  • Selanjutnya, olesi piring lontar atau bisa menggunakan loyang pie susu dengan margarine, Ratakan adonan kulit pie, sisihkan
  • Untuk custard : Campur telur dengan vanilie cair, wisk sebentar hingga tercampur rata (jangan over)
  • Selanjutnya masukkan 1 kaleng SKM, aduk pelan. Kemudian masukkan 1 kaleng air panas (menggunakan kaleng bekas SKM). Aduk kembali dengan pelan usahakan jangan sampai berbusa. Kemudian saring.
  • Cara Panggang : Siapkan panci Tatung.masukkan piring lontar yang telah diisi kulit pie,lalu tuang custard ke dalam kulit pie.
  • Pemanggangan awal pakai api besar, setelah 15 mnt api dikecilkan sambil dipantau perubahan custard.
  • 10 menit kemudian, buka tutup Tatung, bila ada gelembung di custard, kempeskan menggunakan tusuk sate/ lidi. (Tips supaya custard hasilnya mulus)
  • Tutup kembali, setelah beberapa menit,pantau kembali. Jika custard sudah berubah warna agak kekuningan, kecilkan api kompor (pakai api kecil saja).
  • Beberapa saat kemudian, pantau kembali perubahan custard, jika custard sudah mengeras (terutama bagian tengahnya) artinya kue lontar sudah matang.
  • Dinginkan sebentar, kemudian keluarkan kue lontar dari piringnya.
  • Disantap dalam kedaan dingin lebih nikmat.

Terdapat beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari Kue Lontar Khas Papua pie Susu, mulai dari jenis bahan, cara pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan Kue Lontar Khas Papua pie Susu yang enak di rumah, karena saat anda sudah memahami triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Sebelum memulai membuat Kue Lontar Khas Papua pie Susu anda perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan dan peralatan.


Bahan dan Alat untuk Membuat Kue Lontar Khas Papua pie Susu

1 Siapkan Bahan untuk kulit :

2 Persiapkan 150 gr tepung pro rendah

3 Sediakan 100 gr margarine

4 Siapkan Bahan untuk custard :

5 Persiapkan 4 butir kuning telur


6 Sediakan 3 butir telur utuh

7 Siapkan 1 sdm vanili cair

8 Persiapkan 1 kaleng SKM (saya pakai frisian gold)

Menyiapkan konten menarik untuk anda, 10 detik lagi...

9 Persiapkan 1 kaleng air panas (takaran 1 keleng SKM)

Cara membuat Kue Lontar Khas Papua pie Susu sebenarnya tidak begitu sulit, jika anda sudah melengkapi kebutuhan bahan dan alat yang telah disebutkan di atas.

Langkah pertama diawali dengan Selanjutnya, olesi piring lontar atau bisa menggunakan loyang pie susu dengan margarine, Ratakan adonan kulit pie, sisihkan selanjutnya Untuk custard : Campur telur dengan vanilie cair, wisk sebentar hingga tercampur rata (jangan over) lanjut Selanjutnya masukkan 1 kaleng SKM, aduk pelan. Kemudian masukkan 1 kaleng air panas (menggunakan kaleng bekas SKM). Aduk kembali dengan pelan usahakan jangan sampai berbusa. Kemudian saring. dan berikut ini adalah langkah-langkah lengkapnya.

Langkah-Langkah Membuat Kue Lontar Khas Papua pie Susu

1 Langkah 1, Cara buat kulit pie : Campurkan margarine, aduk sebentar, lalu masukkan tepung terigu, aduk sampai tercampur rata bisa menggunakan tangan yang bersih atau pun sendok. Jika adonan terlalu lunak, bisa tambahkan tepung sedikit.


2 Langkah 2, Selanjutnya, olesi piring lontar atau bisa menggunakan loyang pie susu dengan margarine, Ratakan adonan kulit pie, sisihkan

3 Langkah 3, Untuk custard : Campur telur dengan vanilie cair, wisk sebentar hingga tercampur rata (jangan over)

4 Langkah 4, Selanjutnya masukkan 1 kaleng SKM, aduk pelan. Kemudian masukkan 1 kaleng air panas (menggunakan kaleng bekas SKM). Aduk kembali dengan pelan usahakan jangan sampai berbusa. Kemudian saring.


5 Langkah 5, Cara Panggang : Siapkan panci Tatung.masukkan piring lontar yang telah diisi kulit pie,lalu tuang custard ke dalam kulit pie.

6 Langkah 6, Pemanggangan awal pakai api besar, setelah 15 mnt api dikecilkan sambil dipantau perubahan custard.

7 Langkah 7, 10 menit kemudian, buka tutup Tatung, bila ada gelembung di custard, kempeskan menggunakan tusuk sate/ lidi. (Tips supaya custard hasilnya mulus)

8 Langkah 8, Tutup kembali, setelah beberapa menit,pantau kembali. Jika custard sudah berubah warna agak kekuningan, kecilkan api kompor (pakai api kecil saja).

9 Langkah 9, Beberapa saat kemudian, pantau kembali perubahan custard, jika custard sudah mengeras (terutama bagian tengahnya) artinya kue lontar sudah matang.

10 Langkah 10, Dinginkan sebentar, kemudian keluarkan kue lontar dari piringnya.

11 Langkah Akhir, Disantap dalam kedaan dingin lebih nikmat.

Kini anda dapat menghidangkan Kue Lontar Khas Papua pie Susu nikmat untuk disantap bersama keluarga dan kerabat

Sangat mudah bukan membuat masakan Kue Lontar Khas Papua pie Susu?

Nah itulah pembahasan kita terkait Resep Kue Lontar Khas Papua pie Susu Paling Mudah dan Enak, coba resep menarik lainnya yuk!


Hits: 641x

Hosting Unlimited Indonesia


RESEP PILIHAN!

Resep Gulai Telur Muda Favorit Bunda